Monday, October 29, 2012

MAKANAN TAMBAHAN PASIEN HEMODIALISA

Makanan tambahan pasien Hemodialisa

Pasien yang menjalani cuci darah 75% mengalami gangguan nutrisi. gangguan ini disebabkan beberapa hal, diantaranya yaitu asupan yang tidak adekuat dan terbuangnya vitamin dan protein saat  menjalani sesi hemodialisa.
Asupan makan tidak adekuat diantaranya karena pasien masih sering merasakan mual dan muntah. jika ureum kretinin meningkat, maka efek mual muntah akan semakin meningkat. Kemudian adanya gastropati juga menyebabkan pasien sulit untuk menghabiskan diit yang seharusnya dikonsumsi karena mengalami gejala perih, mual dan eneg saat makan.  pasien CKD yang menjalani sesihemodialisa terkadang tiodak mendapatkan informasi pola makan yang benar. Saat mereka mengalami CKD stage 1-4 dan belum menjalani hemodialisa, maka diit yang dikonsumsi adalah rendah protein (0,8 mg/kgbb). sedangkan jika sudah menjalani terapi hemodialisa konsumsi protein mereka adalah 1,2 mg/kgbb. Hal ini juga yang menyebabkan pasien mengalami mal nutrisi.
Berdasarkan pengalaman ini maka ada beberapa upaya menambah asupan protein dan vitamin dari pasien. Ada beberapa produk dari PT Kalbe Farma, PT Konimex dan Herbalife yang kami kombinasikan , dan ternyata dapat meningkatkan derajat kesehatan dan derajat nutrisi pasien. Pasien tampak lebih cerah bergairah, kadar Hb meningkat, berat badan stabil. Namun kendala selalu ada , terutama mengenai nominal harga yang harus ditebus untuk mendapatkan perbaikan kesehatan. Tetapi jika kesehatan yang menjadi tujuan utama, maka nominal bisa di nomor duakan. Konsultasikan dengan dokter Hemodialisa anda. http://www.facebook.com/wawan.eko

No comments:

Post a Comment