Saturday, September 5, 2009

ASAM URAT

Asam urat merupakan produk utama dari metabolisme asam nukleat dan purin, melalui jalur umum konfersi xantin dengan xantin oksidase menjadi asam urat.
Nilai rujukan adalah 0.12-0.42 mmol/l pada pria dan 0.09-0.36 mmol/l pada wanita.Kandungan urat plasma sedikit dipenagruhi oleh pola diet dan menggambarkan keadaan stabil antara produksi endogen dan sekresi tubulus ke urina, karena normalnya urat yang difiltrasi hampir saeluruhnya di resorbsi, dan sedikit di destrukdi dalam usus.

Peningkatan
GOUT ; pada saat serangan gout kadar urat plasma mebningkat sampai 0.9 mmol/l. Diantara serangan gout kronis, urat plasma kadang dalam batas normal. Meningkatnya kadar urat plasma pada gout kronis belum banyak diketahui, biasanya dikarenakan peningkatan sintesa asam urat endogen sebagai cacat metabolik bawaan. Hal lain yang dapat meningkatkan kambuhan adalah pengurangan sekresi tubulus ginjal, alkoholisme, diet tinggi purin, hipertrigliseridemia dan obesitas.

Terapi dengan allopurinol masih menjadi pilihan karena allopurinol bekerja sebagai penghambat xantin oksidase yang berfungsi sebagai penghambat sintesa asam urat. Dalam gout asam urat dapat naik 10 kali lipat, atau 6 mmol dan natrium urat di deposit didalam jaringan sebagai tofi. Bisa terjadi kerusakan ginjal karena deposit urat terkadang dengan kalkulus. Kristal urat dapat ditemukan di cairan sinovial sendi. Pada pseudo gout cairan sinovial dapat mengandung kristal kalsium pirofosfat dihidrat.
Peningkatan urat plasma dapat terjadi pada sindroma Lesch-nyhan (defisiensi resintesa purin ke nukleotida), leukimia penyakit mieloproliferatif termasuk polisitemia, anemia pernisiosa, dan psoriasis.
Obat-obatan juga dapat meningkatkan asam urat diantaranya yaitu pengobatan hormon adrenokortokotrofik, koetokosteroid dan obat sitostatika.

Sebab-sebab pada ginjal
Kegagalan glomerulus, obstruksi,, ekalmsia, azotemia oleh lesi ginjal

No comments:

Post a Comment