Thursday, September 3, 2009

oedipus kompleks

Oedipus kompleks sering dipakai untuk menyatakan cinta seorang lelaki kepada wanita yang lebih tua.
Sebenarnya istilah ini kurang tepat, oedipus kompleks sendiri oleh simon freud adalah dipakai untuk menggambarkan episode perkembangan anak, dimana pada usia 3-5 tahun anak akan lebih merasa mencintai ibunya dari pada sang ayah.
Oedipus sendiri diambil dari bahasa yunani yaitu nama sorang anak yang tega membunuh sang ayah dan menikahi sang ibu. setelah mengetahuinya sang ibu memilih bunuh diri dan sang oedipus membutakan kedua matanya.
cinta laki-laki kepada wanita yang lebih tua adalah hal yang wajar seperti seorang wanita yang mencintai laki-laki yang lebih tua. Istilah yang dipakai untuk itu adalah elektra compleks.
Hanya saja, secara kultural dan tradsisi dibeberapa daerah masih menganggap cinta pria muda pada wanita yang lebih tua adalah hal aneh dan tabu. Padahal hal itu adalah wajar.

Bagaimana dengan Rafi ahmad dan yuni shara?
Hal itu juga wajar. Beberapa pria menganggap wanita yang lebih berumur telah memiliki kedewasaan berfikir, mapan finansial, labih bijak mengambil keputusan dan tentusaja lebih "lihai" dalam hal bercinta. Hal inilah yang mungkin membuat pria muda lebih merasa nyaman dan "enjoy".
Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas seksual adalah kunci keharmonisan keluarga disamping kesuksesan finansial.

Jadi...atas dasar cinta, jangan takut untuk mencintai wanita yang lebih tua.

1 comment:

  1. Betul dr. Wawan. Karena kecocokan itu tidak ditentukan oleh usia tapi karena kecocokan dua hati yang saling terpaut... (koq jd puitiz yach..) Cinta sejati itu tidak nampak oleh mata, karena cinta sejati itu adanya di lubuk hati..... cieeeeh.....

    ReplyDelete