Thursday, October 22, 2009

HYMEN IMPERFORATA

Istilah hymen imperforata (HI) mungkin bukan istilah asing bagi masyarakat awam. tetapi buasanya tidak disadari oleh para orang tua, apalagi pasien sendiri.
HI ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Penyebab pastinya belum banyak diketahui.
Istilah HI itu sendiri adalah menggambarkan keadaan dimana hymen /selaput dara/selaput keperawanan tidak memiliki pori/lubang sedikit pun.
Hymen yang normal adalah selaput tipis yang berada di ujung canalis vaginalis/ lubang vagina yang menutupi lubang vagina tetapi masih empunyai pori/lubang kecil untuk mengeluarkan sekret vagina maupun sisa ovulasi/menstruasi. Lubang dapat terletak ditengah ataupun sisi samping lingkaran vagina.
Jika orang yang menolong persalinan (bidan/dukun dll) tidak teliti dalam memeriksa bayi yang baru lahir, maka kelainan ini baru akan muncul beberapa hari atau tahun kemudian.
Keluhan biasanya diawali dari rasa tidak enak diperut, sebah, nyeri bahkan deman tinggi. Hal ini bisa terjadi karena secret vagina yang seharusnya keluar jadi terhambat dan mengalami infeksi.
Umumnya keluhan yang paling jelas adalah mendekati usia puber. Wanita yang seharusnya sudah menstruasi tetapi belum menstuasi. atau keluhan lain yaitu kesakitan pada perut secara periodik tiap bulan yang berlangsung 3 atau 4 hari kemudian hilang. Jika tidak diatasi maka keluhan akan meningkat menjadi colik atau nyeri hebat pada perut bagian bawah, terkadang diikuti dengan retensio urine/tak bisa buuang air kecil. Hal ini terjadi pada wanita yang telah puber, dimana cairan menstruasi tidak bisa keluar dari lubang vagina karena tertutup selaput dara yang buntu. Tumpukan cairan ini menyebabkan pintu keluar air kencing tertekan sehingga pasien mengeluh tidak bisa bak atau bak menetes.
Kelainan ini tidak gawat hanya perlu ketelitian untuk mendiagnosa lebih awal sebelum terjadi keluhan.
Penanganannya juga cukup mudah, yaitu dilakukan insisi kecil pada hymen untuk memberi jalan bagi secret vagina maupun sisa ovulasi untuk keluar.

10 comments:

  1. lha terus gimana tu para penderita HI?
    g mens seumur hidup ada g y wanita seperti itu?

    ReplyDelete
  2. apakah stelah dilakukan himenotomi, HI ini bisa timbul kembali????
    saya menemukan kasus bahwa dia merasakan tonjolan kembali pada vaginanya. . .
    bagaimana kasus yang seperti ini. . ???

    ReplyDelete
  3. to Rahma: Penderita HI akan mengalami keluhan pada siklus menstruasi pertamanya. Dan keluhan akan bertambah berat. Biasanya akan ketahuan jika keluhan sudah berat dan periksa ke dokter kandungan. Wanita seperti ini akan tetap menstruasi, tetapi darah menstruasinya tidak dapat keluar, hal inilah yang menimbulkan keluhan. Keluhan ini akan hilang setelah dilakukan himenotomi atau perobekan pada selaput himenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok apa penderita hi stelah sembuh bisa hamil

      Delete
  4. to now_ya: Bisa saja setelah himenotomi himen akan menutup kembali. Hal ini bisa terjadi jika proses himenotominya tidak sempurna. Misalnya perobekan/ sayatan terlalu kecil dan himen terlalu elastis, maka kemungkinan besar akan kembali menutup karena ujung selaput kembali bertemu dan terbentuk skar yang menyatu. Jika masih ada keluhan benjolan, pastikan menstruasinya lancar gak. kalo mens gak lancar berarti nutup kembali, tapi kalo menstruasi lancar keluarnya, kemungkinan ada diagnosa lain.

    ReplyDelete
  5. Umur saya 20 tahun, tapi saya belum menstruasi sama sekali. Sudah periksa di 4 dokter kandungan dan menjalani tes hormon. Kata dokter sih hormon saya normal dan di USG pun memang rahim saya kecil tapi normal. Paling saya cuma diberi obat penambah hormon, al hasil berat badan saya naik dan belum menstruasi juga.
    Tiap bulan sih saya ngerasa ada nyeri di pinggul dan perut saya bagian kiri.
    apa saya terkena HI ya?.

    ReplyDelete
  6. Dokter...mohon info , apakah mungkin penykt HI ini bukan disebabkan oleh faktor bawaan ?...seberapa besar kemungkinannya (dlm persentase). Hal ini saya tanyakan krn klaim asuransi ditolak krn alasan pykt bawaan...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis.. Sis mengidap HI ya
      Setau sya itu faktor bawaan dri lahir
      Karna sya menglaminya

      Delete
  7. Mislakan penderita HI ini stelah ditangani dokter dah bisa mens,apakah bisa hamil seperti orng normal lainnya?

    ReplyDelete
  8. Mislakan penderita HI ini stelah ditangani dokter dah bisa mens,apakah bisa hamil seperti orng normal lainnya?

    ReplyDelete