Thursday, January 28, 2010

GANGUAN MAKAN

Anoreksia Nervosa

Ciri khas gangguan adalah mengurangi berat badan dengan sengaja, dipacu dan atau dipertahankan oleh penderita.

Untuk diagnosa yang pasti diperlukan semua hal berikut ini :

1.Berat badan tetap dipertahankan 15 % dibawah yang seharusnya (baik yang berkurang atau pun yang belum pernah tercapai) atau “Quetelet’s body mass index” adalah 17,5 atau kurang (QBM= berat(kg) / tinggi (m)2) Pada penderita pra pubertas bias saja gagal mencapai berat badan yang diinginkan selama periode pertumbuhan.

2.Berkurangnya berat badan dilakukan sendiri dengan menghindarkan makanan yang mengandung lemak dan salah satu atau lebih dari hal hal berikut ini :
•merangsang muntah oleh diri sendiri
•mengunsksn pencahar atau urus urus
•olah raga berlebihan
•memakai obat penekan nafsu makan dan/ atau diuretika

3.terdapat distorsi ‘body-image” dalam bentuk psikopatologi yang spesifik dimana ketakutan gemuk terus menerus menyerang penderita, penilaian berlebihan terhadap berat badan yang rendah

4.Adanya gangguan endokrin yang meluas , melibatkan “hipotalamik-pituitari-gonadal axis”, dengan manifestasi pada wanita dengan amenorhe dan pada pria sebagai hilangnya minat dan potensi seksual. 9 suatu kekecualian adalah perdarahan vagina yang menetap pada wanita yang anoreksia yang menerima terapi hormone, umumnya dalam bentuk pil kontrasepsi. Juga dapat terjadi kenaikan hormone pertumbuhan, naiknya kadar kolesterol, perubahan metabolisme peripheral dari hormone tiroid, dan sekresi insulin abnormal.

5. Jika onset terjadinya pada masa pra pubertas, perkembangan pubertas tertunda, atau dapat juga tertahan (pertumbuhan terhenti, pada anak perempuan buah dadanya tidak berkembang dan terdapat amenore primer; pada anak laki-laki genitalnya tetap kecil.). pada penyembuhan pubertas kembali normal, tetapi menarche terlambat.

No comments:

Post a Comment