Sunday, January 31, 2010

GAS GANGREN


GAS GANGREN

Satu lagi kasus yang terjadi di UGD.
Pasien datang dengan keluhan 2 minggu kaki kiri bengkak, sekarang berbau tidak enak.
Gas gangren disebabkan oleh infeksi Clostridium Welchii (C. Perfringens). Spora dari C Welchii masuk ke dalam luka operasi pengidapnya. Selain itu, infeksi juga dapat terjadi pada penderita yang mengalami gangguan pembuluh darah yang menyebabkan iskemia. Diduga nekrosis jaringan yang menyebabakan keadaan anaeroblah yang merupakan factor penyebab.
Bila infeksi terbatas pada jaringan subkutan akan terjadi selulitis, radang jaringan, terutama jaringan subkutan anaerob. Umumnya infeksi meluas kejaringan otot, terjadi nekrosis otot yang progresif oleh eksotoxin. Karbohidrat otot dihancurkan oleh enzim sakarolitik sehingga terjadi gas hydrogen dan karbon dioksida serta asam laktat. Kemudian terjadi penyebaran infeksi sehingga tekanan dalam jaringan akan semakin besar, ini memperberat iskemik yang menyebabkan nekrosis lebih luas lagi. Pembengkakan makin hebat dengan cairan eksudat dan gas yang makin banayak. Mionekrosis atau nekrosis otot menjadi kunci diagnosis patologik.
Hal yang khas pada gangrene gas adalah bahwa infeksi ini tidak pernah mengalami penyebaran hematogen dan atau sedikit sekali membentuk nanah.
Keadaan yang dapat memacu timbulnya gangguan peredaran darah local atau hipoksemia dan iskemik setempat penyebab gangrene :
1.Cedera jaringan lunak
2.benda asing, hematom atau nekrotik pada luka
3.luka akibat peluru berkecepatan tinggi
4.patah tulang komplikata
5.luka dengan kontaminasi dalam
6.Penutupan/gangguan peredaran darah local (traumatic, tourniquet, operasi)
7.abortus provokatus
8.gips atau pembalut yang terlalu kuat
9.pasca bedah.

1 comment:

  1. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

    Mohon infonya
    #Terimakasih

    ReplyDelete