Thursday, June 18, 2009

KELOID

KELOID

Masalah yang sering dijumpai pada pasien pasca operasi adalah masalah kosmetika kulit. Momok utama adalah luka bekas operaso yang akan menjadi "tanda mata" yang tak terlupakan sampai kapanpun. Kondisi ini akan diperparah dengan bekas luka yang timbul melebihi permukaan kulit normal sekitarnya, sering disebut dengan "keloid". Jika sudah terjadi keloid maka alternayif penanganannya ada dua yaitu suntikan pada keloid atau operasi. Suntikan penghilang keloid mempunyai efeksamping yaitu rasa nyeri/ seperti terbakar pada kulit yang mendapatkan suntikan, selain itu meninggalkan warna kulit yang bebeda dari sekitarnya. Selain itu diperlukan waktu yang cukup lama untuk terapi injeksi anti keliod. Alternatif kedua yaitu operasi. efek yang sering timbul adalah munculnya keloid baru pada bekas operasi.
Hal yang saya anjurkan adalah "preventif", yaitu mencegah timbulnya keliod pasca operasi.
Salah satu cara yang patut dicoba adalah pemberian Ekstrak centela asiatica 1 %
Centela asiatica (CeA) mengandung asiatcoside, madecaaic acid dan asiatic acid yang mempercepat pematangan scar dengan menghasilkan kolagen tipe 1. Dimana dapat menurunkan reaksi inflamasi dan produksi myofibroblast yang menjadi penyebab pertumguhan jaringan kulit berlebihan.
Setiap jenis obat mempunyai efek samping. Tapi hal ini sangat jarang. Yang pernah dilaporkan adalah terjadinya fotosensitif, dermatitis dan rasa panas pada tempat pemakaian.
Cara pemakaiannya adalah dioleskan pada luka 1 sampai 2 kali sehari. Hasil pengobatan ini akan tampak setelah 4 minggu.
Mudah mudahan tidak akan t5imbul keloid dikemudian hari.

No comments:

Post a Comment