Tuesday, June 30, 2009

Keracunan Gas CO

Gas karbon monoksida atau sering disebut gas CO apabila terhirup dapap menyebabkan kematian. Hal ini terjadi dikota kudus. Pada hari Selasa, tanggal 30 Juni 2009 di desa winong kecamatan Kaliwungu Kudus terjadi sebuah tragedi keracunan gas CO.
Kejadian ini berawal ketika beberapa penggali sumur hendak menguras sebuah sumur menggunakan mesin diesel. Mesin diesel dimasukkan kedalam sumur dan dinyalakan untuk menguras air sumur. Setelah beberapa saat mesin me nyala, seorang penggali masuk kedalam sumur untuk membersihkan dasar sumur. tiba-tiba dia terjatuh setelah mencapai setengah dari kedalaman sumur. Rekannya yangbmelihat kejadian tersebut bermaksud menolong, tapi naas, dia juga tersungkur. Kejadian ini berlangsung sampai jumlah korban yang masuk kedalam sumur berjumlah 8 orang.
Seorang warga melapor ke plisi dan tim sar datang mengeluarkan korban bari sumur maut tersebut.
2 orang kritis dan menjalani perawatan diruang ICU, sedangkan 4 orang harus menenjalani rawat inap.
Menurut dokter Yuniati sebagai dokter jaga IGD Rumah Sakit Islam Sunan Kudus yang menangani para korban menduga mereka mengalami keracunan gas CO. Gas ini mungkin berasal dari sumur itu sendiri, namun bisa juga di hasilkan oleh mesin diesel yang digunakan para korban untuk menguras sumur.
Gas CO ini menyebabkan asfiksia dan hipoksia jaringan yang akan menyebabkan kematian secara mendadak.

No comments:

Post a Comment