Wednesday, August 26, 2009

MATERNAL MORTALITY

KEMATIAN MATERNAL


Definisi :

Kematian maternal adalah kematian dari setiap wanita waktu hamil, persalinan dan dalam 90 hari sesudah berakhirnya kehamilan oleh sebab apapun, tanpa memperhitungkan tuanya kehamilan dan tindakan yang dilakukan untuk mengakhiri kehamilan (WHO)


Angka kematian maternal adalah jumlah kematian maternal diperhitungkan terhadap 1000 atau 10.000 kelahiran hidup atau persalinan.


PENYEBAB KEMATIAN MATERNAL

  1. Sebab obstetrik langsung

Adalah kematian ibu karena akibat langsung dari penyulit pada kehamilan, persalinan dan nifas. Misalnya karena infeksi, eklamsi, perdarahan, emboli air ketuban, trauma anestesi, trauma operasi dan sebagainya.

  1. Sebab obstetrik tidak langsung

Adalah kematian ibu akibat penyakit yang timbul selama kehamilan, persalinan dan nifas. Misal anemia, penyakit kardiovaskuler, serebro vaskuler, hepatitis infeksiosa, penyakit ginjal dan lain sebagainya.

  1. Sebab bukan obstetrik

adalah kematian ibu hamil, melahirkan maupun nifas akibat kejadian-kejadian yang tidak ada hubungannya dengan proses reproduksi dan penanganannya. Misalnya karena kecelakaan, kebakaran, tenggelam, bunuh diri dan sebagainya.

  1. Sebab yang tidak jelas

Adalah kematian ibu yang tidak dapat digolongkan pada salah satu sebab yang tersebut di atas.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMATIAN MATERNAL


  1. Faktor umum

Masih adanya perkawinan, kehamilan dan persalinan diluar kurun waktu reproduksi, terutama usia terlalu muda. Usia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun mempunyai resiko kematian 3x lebih tinggi dari usia reproduksi sehat (20-35 th)

  1. Faktor paritas

Grandemultipara atau ibu dengan lebih dari 6 kali persalinan. Mempunyai resiko kematian 8x lebih tinggi.

  1. Faktor perawatan ante natal

Rendahnya kesadaran untuk memeriksakan kehamilan sejak bulan pertama, sehingga penyakit yang seharusnya dapat dicegah menjadi terlambat dan dating sudah dalam kondisi yang buruk.

  1. Faktor penolong

Persalinan masih banyak dibantu dukun beranak yang tidak terlatih, mereka baru minta pertolongan bidan atau dokter setelah muncul komplikasi berat yang mengancam nyawa.

  1. Faktor sarana dan fasilitas

Sarana penunjang persalinan di rumah sakit, misalnya ketersediaan darah, fasilitas anestesi, kamar operasi dan transportasi yang memadai.

  1. Faktor lainnya

Factor sosial, ekonomi, pendidikan, kepercayaan dan budaya.

  1. Faktor system rujukan

Pemerintah mengupayakan adanya bidan disetiap ibukota kabupaten, tetapi sampai sekarang belum seluruhnya terpenuhi sehingga system rujukan kurang berjalan baik.

No comments:

Post a Comment