Saturday, August 1, 2009

STROKE BERULANG

STROKE

Merupakan momok bagi masyarakat yang mempuntai faktor resiko hipertensi. Juga momok bagi mereka yang kolesterol dan trigliseridanya tidak terkontrol.
Suatu penelitian menemukan bahwa 50% penderita stroke mayor(berat), sebelumnya pernah mengalami stroke ringan atau dalam bahasa medisnya disingkat TIA = transient ischemic attac. atau sering juga disebut dengan serangan otak selintas. Gejalanya sama dengan stroke tetapi akan pulih dalam waktu kurang dari 24 jam. Jika tidak mendapat pertolongan yang adekwat maka dalam waktu 24 jam berikutnya dapat terjadi serangan stroke mayor yang biasanya akan lebih parah.
Berdasarkan penemuan data seperti itulah maka Dr. Peter R. dari Oxford university inggris menyarankan pada penderita yang mengalami TIA harus segera meminta pertolongan pertama pada unit gawat darurat yang ada. Serangan stroke mayor akan terjadi secara cepat dan lebih berat setelah serangan stroke ringan/TIA.
Studi ilmiah menunjukkan bahwa dari 1.247 pasien yang mengalami TIA, sebanyak 35 diantaranya mengalami stroke berulang/rekuren pada bulan pertama setelah TIA. Resiko stroke rekuren/berulang pada 6 jam pertama setelah TIA adalah 1,2%, setelah 12 jam adalah 2,2% dan setelah 24 jam meningkat menjadi 5%. Studi populasi ini menyimpulkan bahwa stroke kedua/ulang sewbesar 5% dan separuh dari stroke berulang ini bersifat fatal dan menimbulkan cacat.

No comments:

Post a Comment