Thursday, July 16, 2009

DAS



DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)

Sungai merupakan sarana yang vital dari suatu daerah yang dilaluinya. Dari sungai ini akan tampak wajah kebersihan, kesehatan dan keindahan daerah tersebut. Suatu daerah jika memiliki sungai yang kotor, sudah dapat dipastikan tingkat keseha5tan dan kesadaran warganya terhadap kesehatan sangat rendah.
Jika suatu daerah memenangi piala Adipura, tetapi memiliki daerah aliran sungai yang kumuh maka kita perlu mempertanyakan kesungguhan dari tim penilai adipura.
Dalam ilustrasi gambar di atas, kami menemukan daerah aliran sungai yang sangat bersih dan terawat. Hal ini dikuatkan oleh kesaksian para pemancing (baca: mancing mania)yang ada di sungai tersebut. Mancing mania mengatakan bahwa sungai yang berada di daerah Kabupaten Demak ini (mulai dari sebelah utara pasar demak sampai daerah Wedung/barat) sangat bersih dan cukup banyak ikannya.
Warga sekitar sungai memanfaatkan air sungai ini sebagai sarana mandi, mencuci dan juga kakus, Tapi soal sampah, mereka tidak/jarang membuangnya ke sungai. Semoga kesadaran warga ini tetap terpelihara sehingga daerah aliran sungai tetap bersih dan sehat. Jika sungai bersih maka penyakit sperti : diare, scabies, herpes, cacingan dan penyakit kulit lainnya tidak menyerang masyarakat sekitar aliran sungai

No comments:

Post a Comment