Wednesday, July 22, 2009

SAKIT MAAG

SAKIT MAAG

Sakit maag adalah gangguan yang terjadi pada lambung (maag; belanda) yang ditandai dengan rasa perih, nyeri pada uluhati, disertai rasa kembung, mual bahkan sampai muntah. Terkadang penderita juga mengalami demam, pucat, tidak nafsu makan dan rasa pahit/asam di mulut.
Gejala ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam/HCL lambung. Jika sudah parah / kronis, pasien dapat muntah darah.

Hal-hal yang dapat memicu timbulnya sakit maag :

1.STRESS
Stres memicu produksi asam lambung. Pendapat ini diperoleh dari penelitian bahwa sebagian besar penderita sakit maag memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang sehat. Sakit maag karena stress ini biasanya jenis fungsional (70-80), dan hanya sedikit yang mempunyai gangguan organic.

2. SINDROMA USUS SENSITIS
Kelainan ini disebut irritable bowel syndrome, yaitu gangguan pencernaan bagian bawah. Gejalanya berupa rasa tidak nyaman di perut bagian bawah. Keluhan berkurang kalau pasien sudah buang air besar dan tidak dijumpai kelainan organic pada pemeriksaan dalam.

3.POLA MAKAN TIDAK TERATUR
Pola makan tidak teratur menyebabkan sakit maag. Hal ini terjadi karena secara continyus, lambung menghasilkan asam lambung. Asam lambung ini akan memproduksi asam lambung lebih banyak saat waktunya makan. Asam lambung diperlukan untuk menghancurkan makanan sehingga sari makanan dapat diserap secara menyeluruh oleh dinding usus nantinya. Jika saat makan dan produksi asam lambung meningkat, tetapi tidak segera diisi makanan, maka asam ini akan mengiritasi lambung sehingga menimbulkan gejala sakit maag. Lambung akan sukar sekali beradaptasi dengan pola/jadwal makan yang berubah-ubah.

4.MAKANAN PEDAS DAN BERALKOHOL
Jenis makanan pedas, beralkohol, coklat dan kopi memacu produksi asam lambung berlebihan.

5.OBAT-OBATAN
Banyak obat yang bersifat merangsang pembentukan asam lambung. Yang paling sering menimbulkan masalah pencernaan adalah obat-obatan anti rheumatic. Selain itu obat jenis anti rheumaticjuga mengiritasi mukosa lambung. Obat lain yang harus diwaspadai adalah golongan analgetik dan obat sakit kepala.

6.BAKTERI : HELICOBAKTER PYLORY
Bakteri jenis helicobacter pylori ini hidup dalam lambung. Bakteri ini akan menyebabkan peradangan atau gastritis bahkan tukak lambung. Bakteri ini dapat menular melalui makanan (oral)

No comments:

Post a Comment