Saturday, July 25, 2009

PSIKOLOGI

Kesuksesan Dalam Bekerja

Seperti layaknya pertandingan dalam olahraga, dunia kerja juga mengenal kompetisi untuk meraih kesuksesan dalam karir seseorang. Simak beberapa hal berikut :

•Sebelum siap berkompetisi di kantor, coba anda pahami aturan-aturan yang ada dalam perusahaan yang tertulis maupun tidak tertulis.
•Selalu menumbuhkan positive thinking dan optimis
•Pupuk terus sikap saling menghormati dan bertoleransi pada sesama rekan kerja.
•Hargai perbedaan dengan rekan kerja, termasuk kekuatan dan kelemahan masing-masing.
•Jalin kerjasama yang baik dengan rekan lainnya.
•Jangan pernah ragu untuk membantu rekan yang sedang kesulitan menyelesaikan tugasnya.
•Selalu dewasa dengan mengakui kesalahan yang memang anda buat tanpa menyalahkan pihak lain.
•Saat rekan kerja meraih sukses, jangan pernah iri hati tapi jadikan ini sebagai pemicu untuk juga meraih sukses.
•Perencanaan dan mengatur waktu seperti yang dijadwalkan/ ditargetkan
•Selalu ada prioritas
•Apabila mengalami kegagalan, intropeksi diri dan selalu optimis untuk kesuksesan ke depan
•Menciptakan kerapian tempat kerja agar terkonsentrasi

Menjaga Penampilan
Menjaga penampilan untuk supaya terlihat awet muda sangat diperlukan. Apalagi bagi kaum hawa. Kulit berkerut adalah ancaman yang sering kali membuat panik. Berikut trik agar Anda tetap tampil awet muda:

1. Olahraga
Tak dimungkiri bahwa olahraga adalah salah satu aktivitas yang membuat seseorang tampil awet muda. Tak perlu olahraga berat, lakukan olahraga ringan, jalan cepat, bersepeda, maupun berenang sekitar 30 menit setiap hari. Olahraga teratur dapat menambah fleksibilitas otot, memperkuat tulang, serta mengurangi stres, karena sel-sel tubuh mendapat lebih banyak oksigen.

2. Cukup istirahat
Manusia butuh sekurang-kurangnya delapan jam setiap hari untuk tidur. Istirahat cukup bermanfaat untuk menghindari terbentuknya kantung mata, kulit keriput, dan wajah kusam.

3. Berpikir Optimis
Optimistis adalah sebuah sikap yang membuat Anda akan terus bersemangat. Sebaliknya orang yang pesimis selalu tidak percaya diri, gampang putus asa, dan tidak pernah memerhatikan penampilan, yang bisa berakibat depresi. Jadilah orang yang kuat dan tidak mudah putus asa serta selalu berpikir positif.

4. Konsumsi vitamin C
Sejak dulu vitamin C yang teradapat dalam buah-buahan dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Bila tidak sempat mengonsumsi vitamin C langsung dari buah dan sayur segar, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin C. Konsumsilah setidaknya sebanyak 1000 mg per hari. Vitamin C terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko terkena kanker dan melindungi tubuh dari efek yang ditimbulkan oleh polusi. Di samping itu, perbanyak minuman air putih.

JANGAN LAKUKAN JIKA INGIN MENJADI KARYAWAN TELADAN !
Career Builder, mengatakan bahwa seorang pimpinan perusahaan tidak akan memberikan hadiah berupa promosi jabatan kepada karyawannya secara cuma-cuma. Dia tetap akan menuntut karyawannya berprestasi dan bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan. Nah, untuk bisa menggapai kriteria tersebut kita harus menghindari kesalahan fatal yang dapat menghancurkan karier pekerjaan. Ini dia yang harus diperhatikan:

- Melupakan Deadline
Anda jangan sekali-sekali melupakan diedline kerja jika ingin menjadi salah satu karyawan teladan. Deadline kerja merupakan hal yang penting dalam pekerjaan, karena itu Anda harus menyelesaikan tugas sebelum batas akhir pekerjaan Anda habis pada waktunya. - Tidak Mau Bekerja Sama Dengan Tim Dan Menjadi Sombong
Bukan hal yang mudah buat Anda harus bersaing dengan teman-teman dalam satu tim kerja, tetapi Anda juga jangan sombong dan enggan berkerja sama dengan mereka. Lebih baik Anda bersaing secara sehat, karena hal ini akan membuktikan siapa yang lebih unggul di antara Anda dan teman-teman Anda.

- Affair di kantor
Bercinta/ affair di kantor merupakan kesalahan paling fatal yang bisa mengancam karier seorang karyawan. Oleh karena itu berpikirlah panjang sebelum Anda berhubungan intim bersama teman sekantor.
- Menutup Diri Dari Lingkungan Kantor
Anda tidak seharusnya mengisolasi diri dari lingkungan kantor jika Anda ingin meraih karier kerja yang gemilang. Anda harus bergaul dengan semua karyawan agar Anda tidak dianggap sebagai karyawan yang sombong. Mungkin saja dengan pergaulan Anda yang luas ini, Anda akan mendapat dukungan dari teman-teman Anda untuk mendapatkan promosi jabatan.
Cara Baru Menghilangkan Stress
Stres yang terus mendera tentunya tak baik bagi kesehatan, apalagi stress salah satu factor obesitas. Agar stress tak terus-terusan menghantui Anda, ada baiknya lakukan hal-hal berikut ini.

1.Melakukan olah tubuh yang berasal dari Cina, tai chi adalah salah satu cara yang ampuh menangkal stres. Dengan berfokus pada ritme gerakan dan pernapasan, Anda akan membuang segala pikiran dan beban pemicu stres. Tubuh pun akan jadi lebih relaks. Di sisi lain, detak jantung jadi melambat, adrenalin dan kortisol pun menurun.
2.Cara lainnya yang murah dan praktis mengusir stres adalah berjalan kaki seorang diri menyusuri rute yang berliku-liku. Ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan hormon koritsol. Berjalanlah selama 20 menit dan amati betapa pikiran Anda menjadi segar setelahnya.
3.Berendam di air panas juga bisa menurunkan hormon stres, kortisol, dan juga meredakan peradangan di tulang sendi. Hal itu disampaikan Pamela Peeke, MD, MPH, asisten profesor di University of Maryland School of Medicine.
4.Konsumsi makanan pengusir stress, like: alpukat, oatmeal, jeruk,dsb
5.Coba Relaksasi Untuk Meredakan Stress, seperti mendengarkan musik slow dan pendekatan secara agamis.
6.Tingkatkan rasa optimis dan Pe-De, buang rasa cemas atau segala ketakutan sehingga pikiran anda fresh dan bebas selalu.
7.Perbanyak perbuatan baik untuk mendapatkan senyuman dan ucapan terimakasih dari orang lain. Dengan menolong ataupun memaafkan kesalahan orang, anda berinvestasi mendapatkan ucapan terimakasih sehingga akan ada kepuasan batin tersendiri.
8.Selalu menyulap negative thinking menjadi positive thinking
9.Rajin melakukan relaksasi dan selalu menciptakan posisi kerja / aktifitas yang nyaman bagi tubuh dan pikiran
10.Mengisi waktu luang dengan hobi
11.Bertemu dengan teman lama untuk sharing dan bersantai
12.Menepati janji yang belum sempat ditepati
13.Bangun rasa syukur dan mengambil hikmah dari semua kegagalan
14.Tentu saja, pendekatan secara spiritual kepada Sang Khalik
Akhirnya….good bye stress………!!!.

Obat Insomnia
Deadline kerja, janji dan tugas yang menumpuk untuk keesokan hari, tentu menambah beban pikiran seseorang dan memicu munculnya insomnia. Nah, berikut tips untuk mengatasinya :

Coba minum susu sebelum tidur, sebab menurut spesialis kesehatan umum dari Mayo Clinic di Amerika Serikat, Kenneth Berge. M.D, segelas susu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak karean asam amino atau trytophan yang ada dalam susu akan berubah menjadi hormon melatonin dan seratonin yang sangat ampuh membuat tidur nyenyak.
Cara lain membuat tidur nyenyak adalah mengonsumsi makanan sehat, yaitu cemilan yang mengandung banyak karbohidrat dan sedikit protein, seperti nasi. Kombinasi keduanya ampuh meningkatkan trytophan dalam otak.
Jadi, sebelum tidur pastikan semangkuk kecil oatmeal dan susu rendah lemak menjadi obat yang tepat agar tidur anda terasa nyenyak.
Masih belum berhasil? Coba kurangi pola konsumsi kolesterol karena salah satu factor insomnia adalah Diabetes.
Rutin mengikuti pijat kesehatan untuk melemaskan sendi karena factor lain insomnia bisa juga karena gangguan sendi
Lakukan olahraga atau gerakan ringan untuk membuang energi.
Hindari konsumsi stimulan seperti kafein saat siang dan petang, apalagi menjelang tidur.

MEMBUAT ANDA MENJADI PRIBADI YANG MENARIK DAN MENYENANGKAN

1. GUNAKAN GAYA BICARA YANG POSITIF
Gaya bicara yang negatif atau merendahkan diri sendiri, dengan cepat akan menempatkan Anda sebagai pribadi yang kurang punya rasa percaya diri. Contoh gaya bicara negatif dengan menggunakan label-label bermakna negatif misalnya: bodoh, tolol, brengsek, tidak punya otak, salah melulu, dan lain-lain.

2.BUATLAH ORANG LAIN MERASA DIRINYA SEBAGAI ORANG PENTING
Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji, dan sebagainya.

3.JADILAH PENDENGAR YANG BAIK
Kalau bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.

4.USAHAKANLAH UNTUK SELALU MENYEBUTKAN NAMA ORANG DENGAN BENAR
Nama adalah milik berharga yang bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan. Kalau ragu, tanyakanlah bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar. Misalnya, orang yang dipanggil Wilyem itu ditulisnya William, atau Wilhem? Sementara bicara, sebutlah namanya sesering mungkin. Menyebut Bapak Peter lebih baik kedengarannya daripada sekedar Bapak.

GEOCITIES

No comments:

Post a Comment